Darta Corp – Bisnis kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang sangat diminati para pebisnis. Dalam menjalankan bisnis kuliner ini, yang perlu diketahui adalah bagaimana cara mudah membeli bahan baku makanan untuk bisnis kuliner.

Untuk memenuhi bahan baku makanan tersebut, cara yang tepat adalah dengan memilih supplier bahan baku makanan yang berkualitas. Oleh sebab itu, penting bagi pebisnis untuk menjalin kerja sama dengan supplier bahan baku makanan.

Dalam memilih supplier bahan baku untuk bisnis kuliner, ada beberapa langkah yang bisa Anda pilih. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih supplier bahan baku makanan untuk bisnis kuliner.

 

Baca juga: Darta Corp Kian Eksis dengan Terjun ke Bisnis Agraris

 

Memilih Supplier Bahan Baku Makanan

  1. Kualitas Supplier dan Produk yang Dijual

Jika bisnis kuliner Anda ingin maju dan berkembang, maka Anda harus memilih supplier bahan baku makanan yang memiliki kualitas dan produk terbaik.

  1. Jumlah dan Pasokan Bahan Baku

Setelah mendapatkan supplier bahan baku makanan, Anda juga harus memastikan bahwa supplier mampu memasok jumlah bahan baku yang diinginkan. Jangan sampai ketika bisnis kuliner Anda sudah berjalan, supplier kehabisan bahan baku dan membuat proses produksi usaha Anda menjadi terganggu.

Untuk itu perlu dipastikan bahwa, ketika Anda membuka bisnis kuliner harus mendapatkan supplier  yang mampu menjamin ketepatan waktu dan mengirimkan jumlah barang yang sesuai dengan pemesanan. Inilah pentingnya mengetahui cara mudah membeli bahan baku makanan untuk bisnis kuliner.

  1. Harga Bahan Baku Makanan

Sebagai pebisnis, wajar jika Anda mencari bahan baku makanan dengan harga yang murah. Namun, bukan hanya mendapatkan harga yang murah, tapi Anda juga memperoleh layanan dan produk yang berkualitas.

  1. Kualitas Pelayanan

Selalu tanyakan dan bandingkan kualitas pelayanan yang diberikan antara satu supplier dengan supplier lainnya. Perhatikan juga apakah supplier tersebut melayani dengan sepenuh hati atau tidak. Misalnya saja selalu memberikan jawaban yang ramah serta jelas, mau bertanggung jawab jika terjadi kerusakan saat barang tiba, dan selalu memberikan alternatif solusi jika produk yang dikirim tidak dapat disediakan.

 

Baca juga: 6 Persiapan Bisnis yang Wajib Dilakukan di Tahun 2018

 

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih supplier bahan baku makanan, yaitu:

1). Proses Identifikasi Supplier

Untuk memilih supplier bahan baku, membangun komunikasi dua arah bersama dengan calon-calon supplier bisa jadi langkah awal yang baik. Selain untuk membandingkan harga dan juga spesifikasi produk yang dimiliki, Anda juga bisa menjelaskan kepada calon supplier mengenai standar spesifikasi yang diinginkan serta bahan baku tersebut akan digunakan untuk keperluan apa saja.

2). Jangan Hanya Bergantung dengan Harga

Mencari supplier bahan baku dengan harga produk yang lebih murah adalah salah satu faktor penting saat akan mencari partner usaha kuliner. Namun, jangan hanya terpaku pada harga produk yang murah, tapi layanan dan produk juga harus berkualitas.

3). Mengukur Performa Supplier

Untuk memastikan performa supplier bahan baku makanan, Anda harus tetap konsisten dengan spesifikasi, kemudian lakukan audit atau pengukuran performa berdasarkan dengan metrik-metrik yang ditentukan. Ini bertujuan sebagai ukuran prestasi yang berhasil dicapai oleh supplier tersebut ketika memenuhi standar yang ditentukan oleh usaha kuliner.

Dengan mengetahui cara mudah membeli bahan baku makanan untuk bisnis kuliner, maka Anda akan lebih mudah menyediakan stok bahan makanan yang berkualitas demi memberikan layanan terbaik bagi konsumen.

 

Solusi Bisnis - Supplier Bahan Baku Makanan Restoran dan Cafe

Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku makanan, para pebisnis restoran dan kafe sebelumnya harus sudah memastikan supplier terpercaya. Jika supplier bahan baku makanan restoran dan cafe sudah teratasi, maka Anda tidak perlu khawatir dalam pengadaan bahan baku makanan.