Darta Corp – Dalam meningkatkan performa dan efisiensi perusahaan, keberadaan perusahaan penyedia jasa outsourcing SPG dan karyawan sangat dibutuhkan. Dengan menggunakan jasa outsourcing SPG dan karyawan, perusahaan bisa lebih menekan biaya operasional dan mencapai target yang diinginkan. Berikut ini penjelasan lebih jauh mengenai jasa outsourcing SPG dan karyawan.

 

Pengertian Jasa Outsourcing SPG

Jasa outsourcing Sales Promotion Girl (SPG) adalah perusahaan jasa yang menyediakan SPG kepada perusahaan lain yang membutuhkan SPG untuk mempromosikan dan menjual produk/jasa kepada calon konsumen.

SPG umumnya dituntut untuk berpenampilan menarik sebagai usaha awal untuk menarik minat calon konsumen. Selain berpenampilan menarik dan berwajah cantik, SPG juga harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai produk/jasa, sehingga calon konsumen tertarik untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan.

Baca juga: Solusi Bisnis – Jasa Konsultan Pajak Terbaik dan Terpercaya

 

Tugas SPG

  • Membentuk kepercayaan pelanggan terhadap performa perusahaan dan kualitas produk/jasa yang ditawarkan.
  • Membantu dalam memilihkan produk/jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
  • Menjawab pertanyaan pelanggan dan melayani keluhan dari pelanggan dengan baik.
  • Menginformasikan kualitas barang/jasa hingga perawatannya kepada pelanggan.
  • Mencapai target penjualan.

 

Baca juga: Solusi Bisnis – Jasa Freight Forwarding

 

Jenis Jasa SPG

  1. SPG Event, SPG Reguler, dan SPG Mobile

Jenis-jenis SPG yang dibutuhkan perusahaan ada bermacam-macam, yaitu SPG event, SPG reguler, dan SPG mobile. SPG event banyak dicari pada waktu menjelang diadakannya event-event tertentu, seperti bazaar maupun festival.

Di luar event, perusahaan juga membutuhkan SPG reguler yang ditempatkan di counter-counter maupun toko. Sedangkan, SPG mobile bekerja secara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Semua jenis SPG itu memiliki tugas yang sama, yaitu menjual produk sebanyak-banyaknya untuk mencapai target penjualan.

 

Jasa Outsourcing

 

  1. Usher

Usher dibutuhkan oleh perusahaan yang akan menyelenggarakan event-event resmi, seperti gala dinner, launching product, gathering, dan lainnya. Beda dengan SPG, usher tidak dibebani dengan pencapaian target penjualan produk. Tugas usher yaitu menjadi penyambut tamu atau pagar ayu yang hadir pada event yang diselenggarakan oleh perusahaan.

 

Jasa Outsourcing

  1. Umbrella Girl

Jika suka menonton perlombaan motor, maka Anda akan melihat para wanita yang sedang membawa payung di tengah lintasan. Orang yang dipayungi oleh umbrella girl yaitu sang pembalap yang hendak menggeber gas di trek balapan.

Para umbrella girl berdiri di lintasan sebelum balapan dimulai. Pakaian yang dikenakan umbrella girl biasanya menantang dan seksi yang membuat para penonton enggan untuk mengedipkan mata. Melihat kehadiran umbrella girl di arena balap, bisa saja membuat penonton berandai-andai betapa enaknya menjadi pembalap.

 

Jasa Outsourcing

 

  1. Caddy Girl

Sudah bukan rahasia lagi, caddy girl menjadi pemanis dan pendamping bagi para pegolf di atas lapangan hijau. Namun, keberadaan caddy girl di lapangan golf tak diketahui oleh orang umum, karena arena golf yang bersifat tertutup. Hanya pegolf yang banyak mengetahui, bahkan mengenal caddy girl yang sering mendampingi mereka.

 

Jasa Outsourcing

 

  1. Foto Model

Model, baik pria maupun wanita sangat dibutuhkan oleh brand yang ingin mempromosikan produknya. Selain itu, model dibutuhkan oleh keperluan photoshoot atau menampilkan pakaian pada saat fashion show di atas catwalk. Tingginya permintaan model membuat jasa penyedia SPG tertarik untuk menawarkan model-model berbakat kepada perusahaan yang membutuhkannya. Mereka yang tertarik menjadi model harus memenuhi beberapa kriteria, yakni dengan penampilan fisik yang mendukung seperti wajah yang cantik atau ganteng dan tinggi badan yang ideal.

 

Jasa Outsourcing

 

  1. Event Organizer

Jasa penyedia SPG sangat berhubungan dengan event-event terbaru yang diadakan pada waktu-waktu tertentu. Kebutuhan event organizer yang mampu mengkoordinasi sebuah acara sangatlah tinggi, terutama di kota-kota besar. Di kota besar seperti Jakarta, setiap minggu selalu ada acara atau event yang diselenggarakan oleh perusahaan.

Baca juga: Solusi Bisnis – Jasa Konsultan Hukum dan Pengacara

 

Pengertian Jasa Outsourcing Karyawan

Yang dimaksud penyedia jasa pekerja adalah pengalihan suatu posisi kepada jasa outsourcing dan menempatkan karyawannya untuk mengisi posisi tersebut. Jasa outsourcing karyawan hanya bertanggung jawab terhadap manajemen karyawan tersebut, serta hal-hal yang bersifat non-teknis lainnya. Sedangkan hal-hal teknis menjadi tanggung jawab perusahaan sebagai pengguna dari karyawan jasa outsourcing.

Banyak keuntungan atau manfaat yang bisa diperoleh perusahaan jika menggunakan jasa outsourcing karyawan. Berikut keuntungannnya:

  • Perusahaan tidak perlu memberikan training lagi karena perusahaan outsourcing sudah memberikan training dan kemudian memberikan karyawan sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan. Perusahaan outsourcing tentu sudah melakukan seleksi rekrutmen dan training dalam mendapatkan karyawan yang akan di-outsource ke perusahaan lain.
  • Karyawan dari luar perusahaan kemungkinan memberikan penilaian obyektif mengenai perusahaan, terutama terkait dengan bidangnya. Dalam perusahaan mungkin terdapat masalah internal yang akan menghalangi penilaian obyektif tentang suatu masalah. Karyawan yang tidak terlibat masalah internal dapat memberikan penilaian lebih obyektif.
  • Dengan berbagai keahlian dalam bekerja di banyak perusahaan, karyawan dari luar ini memiliki banyak pengalaman untuk bekerja dengan lebih baik di perusahaan tersebut. Dengan pengalaman yang banyak dari perusahaan lain ini, karyawan dari luar ini harusnya sangat menguasai mengenai pekerjaan dalam perusahaan tersebut.
  • Perusahaan tidak perlu membuat banyak catatan administratif mengenai karyawan tersebut, karena karyawan tersebut bukan karyawan tetap. Dalam Human Resources Management (HRM) yang baik, perusahaan harus membuat catatan karyawan atau employee record.
  • Perusahaan dapat mengangkat karyawan outsource yang baik untuk dijadikan karyawan tetap. Perusahaan dapat menilai kinerja setiap karyawan yang diambil dari perusahaan outsource. Jika karyawan ini dinilai mempunyai kinerja yang sangat disukai perusahaan, perusahaan tersebut dapat membeli karyawan tersebut dari perusahaan outsourcing. Perusahaan outsourcing biasanya mempunyai aturan mengenai penggunaan karyawan sementara menjadi karyawan tetap.

 

Solusi Bisnis - Jasa Outsourcing SPG dan Karyawan

Perusahaan jasa outsourcing sangat dibutuhkan perusahaan lain dalam memenuhi kebutuhan mereka. Seperti jasa outsourcing SPG dan karyawan, yang merupakan layanan jasa yang dibutuhkan perusahaan dalam upaya meningkatkan performanya. Berikut ulasannya.