DartaCorp – Untuk memenuhi kebutuhan dalam menjalankan bisnis Anda, jasa Freight Forwarding memiliki peran yang sangat penting dalam hal pengiriman barang. Karena jika barang yang Anda kirimkan bisa tepat waktu dan aman sampai ke tempat tujuan, maka rekan bisnis Anda akan terlayani dengan baik.

 

Pengertian Freight Forwarding

Freight Forwarding atau usaha jasa pengurusan transportasi adalah kegiatan usaha yang ditujukan mengurus semua kegiatan yang diperlukan bagi terlaksananya pengiriman dan penerimaan barang melalui transportasi darat, laut atau udara yang dapat mencakup kegiatan penerimaan, penyimpanan, sortasi, pengepakan, pengukuran, penimbangan, pengurusan penyelesaian dokumen, penerbitan dokumen angkutan, perhitungan biaya angkutan, klaim asuransi atas pengiriman barang serta penyelesaian tagihan dan biaya-biaya lainnya yang berkenaan dengan pengiriman barang- barang tersebut sampai ke tangan penerima.

Baca juga: Darta Logistics, Jasa Logistics dan Forwarding

 

Jenis-jenis Freight Forwarding

Freight Forwarding dalam kegiatannya sehari-hari dibagi dalam dua jenis yaitu:

  1. Atas Dasar Operasional

Pengiriman barang oleh para forwarder hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan sarana angkutan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh mereka, yaitu dengan melihat bentuk, kemasan, berat, dan isi barang bersangkutan. Tetapi secara operasional, mereka hanya akan melayani pada areal pengiriman barang terbatas kemampuan atau keinginannya masing-masing.

Di Indonesia, forwarder dibagi dalam tiga kategori yaitu:

  • Forwarder Internasional (kelas A)
  • Forwarder Domestik/Regional (Kelas B)
  • Forwarder Lokal (Kelas C)

 

  1. Atas Dasar Sarana Angkutan

Jenis forwarder yang termasuk pada jenis ini adalah:

a. Sea Freight Forwarder

Yang termasuk ke dalam golongan ini adalah mereka yang telah mengkhususkan kegiatan usahanya pada pengiriman barang muatan melalui angkutan laut atau melalui kombinasi antara angkutan darat lainnya.

b. Air Freight Forwarder

Mereka yang mengkhususkan kegiatan usaha jasanya pada sektor angkutan udara, dengan kombinasi angkutan kereta api atau truk, di sini lokasi kegiatan tentunya sebagian besar berada di sekitar bandar udara, baik penyelesaian dokumen, maupun penumpukan baranng, serta lalu lintasnya.

c. Rail and Inland Freight Forwarder

Yaitu mereka yang mengkhususkan kegiatan usaha jasanya pada sektor angkutan darat dengan menggunakan jasa angkutan kereta api dan sarana angkutan lainnya sampai ke pedalaman pada suatu daerah atau negara.

d. Combined Transport Operator

Yaitu forwarder yang dalam usaha jasanya menggunakan lebih dari satu jenis alat angkutan atau berbagai sarana angkutan yang melalui laut, udara, kereta api, dan truk.

Baca juga: Solusi Bisnis – Jasa Konsultan Pajak Terbaik dan Terpercaya

 

Layanan Freight Forwarding

  • Penerimaan
  • Penyimpanan
  • Sortasi (pengelompokan)
  • Pengepakan
  • Pengukuran
  • Penimbangan
  • Pengurusan penyelesaian dokumen penerbitan angkut
  • Perhitungan biaya angkut
  • Klaim asuransi atas pengiriman barang, serta penyelesaian tagihan dan biaya-biaya lainnya yang berkaitan dengan pengiriman barang-barang tersebut sampai diterimanya oleh pihak pemesan barang

 

Baca juga: Darta Industrial, Polymer Produk dan Solusi Industrial

 

Keuntungan Menggunakan Jasa Freight Forwarding

  • Dapat menggunakan banyak jenis angkutan yang dapat dipilih
  • Jenis pelayanan mulai dari port to port, port to door, dan door to door
  • Transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan cara prepaid dan collect
  • Harga dapat negosiasi
  • Perjalanan pengiriman barang lebih termonitor
  • Mempermudah pengurusan customs clearance (bea cukai) pengiriman dan penerimaan

Port to port maksudnya adalah barang Anda diantar ke ekspedisi yang lokasinya di sekitar terminal cargo bandara, dan barang hanya akan dikirim ke pelabuhan (bandara) tujuan, tidak ke alamat rumah.

Port to door maksudnya adalah barang Anda diantar ke kantor ekspedisi, lalu perusahaan ekspedisi akan mengantar barang sampai ke tujuan.

Door to door maksudnya adalah jika Anda ingin mengirim barang, maka barangnya akan dijemput perusahaan ekspedisi dan diantar ke tempat tujuan.

Dengan menggunakan jasa Freight Forwarding, berbagai keuntungan maupun kemudahan dapat Anda dapatkan. Pengiriman barang Anda akan lebih mudah dan aman sampai ke tempat tujuan.

Solusi Bisnis - Jasa Freight Forwarding

Pengiriman yang mudah, cepat, dan aman adalah dengan menggunakan jasa Freight Forwarding. Berbagai keunggulan dapat Anda peroleh dengan menggunakan jasa ini. Jenis pengiriman barang pun bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut penjelasannya untuk Anda.