DartaCorp – Riuh, gemuruh, dan semarak mewarnai ruangan aula SMK 14, Johar Baru, Jakarta Pusat. Sekitar 200 siswa dari perwakilan 22 SMK di DKI Jakarta memadati ruangan tempat digelarnya seminar yang bertemakan “Success Story”. Mereka hadir untuk mendengarkan kisah sukses dari pengusaha nasional yang merupakan CEO dan Founder Darta Corp, Darwis Manalu.

Dalam seminar, mantan tukang minyak keliling dan kernet bus metromini ini memaparkan perjalanannya hingga mencapai kesuksesan. Para siswa begitu antusiasme mendengarkan kisah inspiratif tersebut. Dia didampingi istri tercinta, Nurita Simanjuntak yang terlihat anggun dengan mengenakan atasan berwarna merah muda. Darwis memotivasi ratusan siswa untuk tidak mudah putus asa dalam menggapai cita-cita.

Dia menyampaikan tiga hal jika ingin sukses, yakni pertama, jangan sampai merasa bahwa SMK itu adalah kelas nomor dua, artinya siswa SMK itu bisa menjadi siswa teratas yang berprestasi dan sukses. Kedua, jangan sampai merasa kesempatan untuk maju itu terbatas, artinya siswa SMK punya peluang besar untuk menjadi orang sukses. Dan ketiga, jangan menyalahkan lingkungan, artinya untuk menuju sukses itu ditentukan oleh diri sendiri. “Saya berharap jangan menyalahkan lingkungan atau orang lain, apalagi sampai menyalahkan Tuhan. Karena kesuksesan itu datang dalam diri sendiri,” terang Darwis, Senin (19/9/2017).

Baca juga: Darwis, Eks Tukang Minyak Keliling yang Sukses Membangun Kerajaan Bisnis Darta Corp

Dia menceritakan bagaimana dia bisa hijrah ke Jakarta hingga akhirnya pria kelahiran Dolok Sanggul, Sumatera Utara ini bisa meraih kesuksesan. Setamat SMP, dia diminta abang sepupunya agar datang ke Jakarta untuk melanjutkan sekolah. Tanpa berpikir panjang Darwis pun segera berangkat ke Jakarta dengan hati yang gembira.

Darta Corp

Pada tahun 1997, abang sepupunya mendaftarkannya ke salah satu sekolah di Jakarta. Namun tak disangka, pemilik Darta Corp ini dimasukkan ke SMEA Negeri 11 (kini bernama SMK Negeri 14), Johar Baru, Jakarta Pusat. Sama sekali tak pernah ia bayangkan akan menimba ilmu di sekolah yang sekian lama dipandangnya dengan sebelah mata itu. Akan tetapi dia tak punya pilihan lain selain melanjutkan sekolah.

Dengan rajin dan tekun dirinya mengikuti setiap pelajaran yang diberikan guru di sekolah. Hasilnya, dia selalu menjadi juara umum sejak semester 1. Dia bertekad jika sudah lulus SMEA dia tidak mau menjadi pegawai negeri lantaran gajinya yang kecil. Dia ingin sekali bekerja di perbankan. Tak hanya itu, dia pun berniat ketika usianya 45 tahun dia tidak mau bekerja di perusahaan orang lain. Keinginannya adalah menjadi pengusaha.

Para siswa mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama penuturan dari Darwis yang begitu menginspirasi mereka. Kemudian, dia melanjutkan, setelah lulus dari SMEA, harapannya bekerja di perbankan terwujud. Dia memulai karirnya di Departemen Accounting Bank Niaga dari jenjang terendah, yakni level 6. Dalam waktu 4 tahun dan 3 bulan dia bekerja, dia naik grade hingga 6 kali.

Baca juga: Perkembangan Bisnis Darta Corp Kian Pesat di Tangan Si Bocah Perantau

“Saya ingin para siswa yang hadir saat ini bisa menjadi orang hebat semua. Banyak orang pintar, tapi bangsa Indonesia sangat kekurangan orang-orang berkarakter. Untuk itu sangat penting menjadi orang yang berkarakter, karena itu merupakan kunci suksesnya,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, jiwa entrepreneurship harus sudah ditanamkan sejak dini. Untuk menjadi entrepreneurship harus memiliki daya tahan yang sangat kuat, komitmen, dan konsisten. “Tantangan sekarang jauh lebih berat dibanding saat saya sekolah dahulu. Namun walaupun berasal dari keluarga tidak mampu sekali pun jangan sampai patah semangat tidak sukses,” tuturnya menggelora.

Saat diwawancara, dia mengaku bahwa acara ini adalah undangan untuk yang kedua kalinya di SMK 14. Menurutnya, dia diundang kembali karena dia meyakini pihak sekolah sudah memilih sosok yang tepat yang bisa memberikan inspirasi kepada para siswa. “Pengalaman yang bermanfaat tak ada gunanya jika didiamkan. Untuk itulah saya berbagi dalam seminar ini dan juga di dalam buku yang saya tulis,” imbuhnya.

Baca juga: Darta Corp Semakin Memantapkan Diri sebagai Aset Bangsa

Peluang kerja tamatan SMK

Seminar bertajuk “Success Story” sangat bermanfaat bagi siswa agar mereka terinspirasi dalam meraih kesempatan dan menggapai cita-cita. Tema ini diambil karena untuk memberikan motivasi dan semangat kepada para alumni agar dapat meraih kesempatan dalam dunia kerja. Demikian dikatakan Wakil Kepala Sekolah Humas SMK Negeri 14 Jakarta, Riza Mardiana Wardhani.

“Mereka harus siap bersaing dan berkompetisi dengan yang lain. Kami mengundang Pak Darwis karena selain beliau adalah alumni SMK 14 ini, kami juga tergugah dengan latarbelakang kesuksesan beliau, dan ini bisa memberikan inspirasi bagi para siswa,” kata Riza saat ditemui di ruang kerjanya usai seminar.

SMK Negeri 14 Jakarta terpilih sebagai perwakilan SMK di Jakarta sebagai penyelenggara acara Job Matching SMK Provinsi DKI Jakarta yang diikuti 110 SMK negeri dan swasta se-DKI. Tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk memasarkan tamatan SMK agar mereka dapat mengikuti dan memanfaatkan peluang kerja yang ditawarkan oleh 54 perusahaan.

Riza menjelaskan, kegiatan seperti ini sudah ketiga kalinya diadakan oleh SMK 14. Yang pertama yaitu Job Fair (2016), Job Fair Jakarta Pusat 2 ( April 2017), dan Job Matching (September 2017) yang berlangsung dari tanggal 22-29 September 2017 (Rekrutmen).

“Kami berharap kegiatan ini dapat membantu para alumni untuk mendapatkan pekerjaan. Sebesar apa pun sekolah itu jika pemasaran tamatan tidak bagus atau masih banyak alumni yang menganggur, maka bisa dikatakan itu tidak berhasil. Jadi pemasaran tamatan ini sangat penting, sama pentingnya dengan penerimaan siswa didik baru.”

“Semoga acara ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan bisa mendapatkan pekerjaan pada perusahaan yang diminati. Dengan demikian bisa bermanfaat bagi orang lain. Jangan pernah putus asa, maju terus, dan tidak ada yang tidak mungkin. Dengan tekad yang sangat besar bisa menghalau kendala yang dihadapi, sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran di Jakarta,” tuturnya.

Kisah sukses CEO dan Founder Darta Corp, Darwis Manalu dalam seminar di SMK Negeri 14 Jakarta, bisa Anda saksikan pada video di bawah ini:


Seminar SMK 14, Darwis Manalu: Sukses Itu Bukan Takdir, tapi Pilihan