DartaCorp – Dalam menjalankan bisnis, strategi memegang peranan penting yang nantinya akan membawa bisnis menuju keberhasilan. Eksistensi dan laju perkembangan bisnis Darta Corp pun tidak lepas dari penerapan strategi bisnis yang apik. Berikut adalah ulasan strategi terbaru Darta Corp yang dapat menjadi inspirasi sukses tahun ini.

4 strategi terbaru Darta

Strategi#1. Pembenahan bisnis cluster
Pada akhir tahun 2016 lalu, Darta Corp hanya memiliki 6 business cluster (jenis bisnis) Namun, pada awal 2017, sudah berkembang menjadi 10 bisnis unit. Beberapa di antaranya mengalami pemisahan bisnis dan ada juga pembentukan bisnis baru. Sebagai contoh, Darta Consulting yang sebelumnya terdiri dari DME Consultant, Darta Bisnis Solusi Indonesia (DBSI), dan Darta Membangun Bangsa (DMB), namun kini DMB dipecah menjadi Darta Institute. Lalu, Darta Express yang sebelumnya ada di dalam Darta Forwarding, kini Darta Express sudah berdiri sendiri menjadi Darta Express Indonesia (DEI).

Baca juga: Darwis, Eks Tukang Minyak yang Sukses Membangun Kerajaan Bisnis Darta Corp

“Selain pemecahan business cluster, ada juga penambahan business cluster baru, yakni Darta Agribusiness yang didirikan pada tahun 2017. Business cluster ini bergerak di bidang pangan yang membantu para petani dan pelaut menjual produk mereka melalui sistem online maupun secara langsung ke konsumen. Dengan demikian masyarakat akan bisa lebih mudah dan cepat dalam memenuhi kebutuhan makanan yang sehat dan alami,” tutur Desi selaku Corpotate Marketing Manager Darta Corp. Pembenahan ini dianggap Desi sebagai strategi jitu agar Darta Corp dapat melayani lebih banyak pelanggan melalui pelayanan bisnis yang semakin beragam.

Strategi#2. Perombakan struktur organisasi
Kemudian strategi bisnis lainnya adalah perombakan struktur organisasi perusahaan. Menurut Desi, pada 2017 ini telah terjadi dua kali perombakan struktur organisasi perusahaan. Perombakan dilakukan mulai dari level staf hingga level manajerial. Nama-nama besar di dunia bisnis yang sejenis pun menghiasi jajaran Managing Director di beberapa business cluster Darta Corp. Paul Ivan misalnya. Managing Director Darta Express Indonesia ini ternyata lama di dunia bisnis pengiriman paket melalui kurir.

Dengan adanya perombakan ini diharapkan penempatan SDM pada posisi tersebut bisa membawa perubahan yang signifikan, sehingga dapat memacu produktivitas dalam setiap business cluster.

Baca juga: Perkembangan Bisnis Darta Corp Kian Pesat di Tangan Si Bocah Perantau

Strategi#3. Pembentukan commercial team
Strategi andalan Darta Corp tahun ini adalah dengan membentuk sebuah unit kerja baru di bawah komando Ahmad Hazairin selaku Business Director and Commercial Head. Commercial Team di bawah pimpinan Ahmad tersebut diganyang sebagai “Ultimate Weapon on This Year”, karena terdapat 4 tim kerja yang sangat berpengaruh bagi revenue perusahaan, yaitu tim marketing, business development, sales, dan key account manager (KAM). “Tim ini baru dibentuk awal Maret, jadi untuk tim marketing saat ini sedang melakukan branding dan exposure dengan masuk ke dunia internet marketing seperti mengelola website dan media sosial,” imbuhnya.

Baca juga: Rahasia ‘Business Survival’ Darta Corp Ini Terbukti Efektif Menjaga Eksistensi Bisnis!

Strategi#4. Inovasi produk
Darta Corporation semakin menunjukkan taringnya dengan terjun ke dalam bisnis berbasis teknologi melalui Darta Technology. Inovasi produk dengan menggunakan teknologi canggih adalah strategi ampuh untuk menunjukan jati diri dan kualitas perusahaan. Darta Technology kini telah menciptakan produk yang patut dibanggakan, yakni polymer repair, sleeper, dan polymer coating. Produk-produk juara tersebut nantinya dapat digunakan bukan hanya untuk industrial, tapi juga oleh kalangan rumah tangga (household). Saat ini beberapa produk tersebut tengah memasuki tahap pendaftaran merek. Itulah beberapa strategi bisnis terbaru Darta Corp di tahun ini. Dengan melakukan pembenahan internal dan didukung oleh inovasi yang tiada henti, Desi yakin Darta Corp akan semakin mudah dalam mencapai visi perusahaan, yaitu “Admired dan Preferable Corporation in 2020”.

Inspirasi Sukses, Menengok Strategi Bisnis Terbaru Darta Corp

DartaCorp – Dalam menjalankan bisnis, strategi memegang peranan penting yang nantinya akan membawa bisnis menuju keberhasilan. Eksistensi dan laju perkembangan bisnis Darta Corp pun tidak lepas dari penerapan strategi bisnis yang apik. Berikut adalah ulasan strategi terbaru Darta Corp yang dapat menjadi inspirasi sukses tahun ini. 4 strategi terbaru Darta Strategi#1. Pembenahan bisnis cluster Pada akhir tahun 2016 lalu, Darta Corp hanya memiliki 6 business cluster (jenis bisnis) Namun, pada awal 2017, sudah berkembang menjadi 10 bisnis unit. Beberapa di antaranya mengalami pemisahan bisnis dan ada juga pembentukan bisnis baru. Sebagai contoh, Darta Consulting yang sebelumnya terdiri dari DME Consultant,