DartaCorp – Menjadi seorang chief executive officer (CEO) adalah impian banyak orang. Namun, menjadi CEO itu bukanlah hal mudah dan dapat dilakukan secara instan. Butuh kerja keras, ketekunan dan beberapa hal lain yang diperlukan untuk menjadi CEO sukses, seperti:

1. Pendidikan
Sebagai CEO, banyak bidang keilmuan serta pengetahuan yang wajib dikuasai, mulai dari keuangan, pemasaran, operasional, SDM, dan sebagainya. Untuk itu, sebagi CEO Anda dituntut untuk selalu meng-upgarde diri dalam bidang pendidikan. Jangan berhenti untuk belajar ilmu baru, perbanyak membaca buku, dan ambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Gelar pendidikan yang tinggi juga berpengaruh terhadap kharisma Anda sebagai CEO, lho.

2. Network
Menjadi CEO bukan berarti Anda hanya diperlukan dalam mengatur dan mengorganisir pekerjaan karyawan Anda sehari-hari. Menjadi CEO juga bertanggung jawab terhadap pengembangan bisnis dan profit perusahaan Anda.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk aktif membangun network bisnis dengan luas, dengan tidak terbatas pada kalangan industri yang sama. Hal tersebut selain dapat meningkatkan potensi penjualan, juga membuka peluang untuk dapat bekerjasama dengan berbagai investor yang mampu membantu pengembangan bisnis Anda.

Baca juga: Rahasia ‘Business Survival’ Darta Corp Ini Terbukti Efektif Menjaga Eksistensi Bisnis!

3. Berproses
Ada baiknya jika CEO memulai karir dari level bawah terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat memahami proses bisnisnya secara detail dan mengetahui detail pekerjaan yang dilakukan oleh setiap karyawan di perusahaan Anda. Manfaatnya guna mencegah adanya kecurangan maupun penipuan dikarenakan Anda kurang memahami proses yang harus dilakukan dalam bisnis Anda.

4. Kebiasaan positif
CEO yang sukses juga harus mampu menjadi role model bagi karyawan di perusahaan yang dipimpinnya. Anda harus menjadi teladan dan contoh yang baik agar dapat membangun motivasi kerja karyawan untuk kemajuan perusahaan Anda. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dalam bersikap sehari-hari dan menjaga tingkah laku Anda pada koridor yang tepat.

Kebiasaan kecil yang dapat berpengaruh besar antara lain murah senyum, tidak mudah memperlihatkan kemarahan, rapih, bersih, tidak segan memuji, dan lain sebagainya.

5. Pemikiran positif
Bukan hanya kebiasaan positif yang wajib ditunjukkan oleh CEO perusahaan. Pemikiran positif jauh lebih dibutuhkan agar Anda dapat menjalankan peranan sebagai CEO yang baik. Pemikiran positif selain dapat berdampak pada hubungan pekerjaan dengan karyawan Anda, juga berpengaruh terhadap setiap kebijakan bisnis yang Anda ambil.

Baca juga: Darwis, Eks Tukang Minyak yang Sukses Membangun Kerajaan Bisnis Darta Corp

Sebagai contohnya, jangan takut terhadap perubahan yang terjadi di luar. Perkembangan zaman dan teknologi berdampak langsung terhadap kelangsungan bisnis Anda. Jangan menjadi skeptis dan adopsi perubahan tersebut untuk menghindari bisnis Anda tergilas oleh dinamika yang cepat.

6. Tetapkan target
Menjadi CEO artinya Anda sudah siap dan mampu untuk mengemban tugas besar untuk membangun perusahaan sesuai target yang ditentukan. Untuk itu, dalam menetapkan target Anda harus menerapkan metode yang tepat dengan cara yang “SMART”. Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Time Based (SMART) adalah metode yang efektif untuk membantu mencapai target yang telah ditentukan .

Specific (memiliki tujuan spesifik)
Tujuan spesifik berkaitan dengan detil apa saja yang harus diselesaikan, serta mampu diterangkan secara eksplisit dan mudah dipahami. Tujuan spesifik ini tidak hanya menyangkut definisi spesifik dari penugasan tersebut, namun termasuk mampu memberikan penugasan kepada orang yang spesifik.

Measurable (memiliki tujuan yang terukur)
Apa yang dikerjakan juga harus bisa diukur kemudian disampaikan oleh pihak pemberi dan penerima tugas.  Hal ini untuk memudahkan dalam mendefinisikan capaian sukses dari pengerjaannya.

Baca juga: Perkembangan Bisnis Darta Corp Kian Pesat di Tangan Si Bocah Perantau

Achievable (memiliki tujuan yang mungkin untuk dicapai)
Pekerjaan yang diberikan juga harus sesuatu yang mungkin untuk diselesaikan. Ini berkaitan dengan dua poin sebelumnya, yakni detil dan dapat diukur. Ada beberapa perkerjaan kadang diberikan tanpa target hasil akhir yang jelas. Pada akhirnya seringkali menggantung, karena kehilangan arah.

Realistic (memiliki tujuan realistis)
Pekerjaan dengan tujuan realistis berkaitan dengan menghubungkan sebuah tugas dengan kapabilitas orang yang mendapatkan tugas tersebut.

Time-based (memiliki jangka waktu)
Untuk dapat mengatur ritme kerja, sangat penting untuk memperhatikan waktu eksekusi sebuah pekerjaan. Oleh karenanya selalu perhatikan estimasi waktu dalam sebuah pekerjaan. Atur tenggang waktu dengan baik, caranya diskusikan dengan orang yang akan bertanggung jawab dengan tugas tersebut.

Seperti halnya CEO Darta Corporation, Darwis Manalu yang juga menerapkan beberapa hal tersebut di atas sebagai landasan sebagai CEO yang sukses menjalankan ketujuh jenis bisnisnya. Bidang bisnis milik Darta Corp tersebut di antaranya adalah DME Consultant, Darta Outsourcing, Darta Logistics, Darta Technology, Darta Industrial Service, Darta Institute, dan SEMBAGO. Bukan hanya sukses mengembangkan bisnisnya dengan berbagai sektor industri, pelayanan dan produk yang variatif, tetapi juga berhasil membangun berbagai kemitraan hingga luar negeri.

6 Rahasia Menjadi CEO Sukses

DartaCorp - Menjadi seorang chief executive officer (CEO) adalah impian banyak orang. Namun, menjadi CEO itu bukanlah hal mudah dan dapat dilakukan secara instan. Butuh kerja keras, ketekunan dan beberapa hal lain yang diperlukan untuk menjadi CEO sukses, seperti: 1. Pendidikan Sebagai CEO, banyak bidang keilmuan serta pengetahuan yang wajib dikuasai, mulai dari keuangan, pemasaran, operasional, SDM, dan sebagainya. Untuk itu, sebagi CEO Anda dituntut untuk selalu meng-upgarde diri dalam bidang pendidikan. Jangan berhenti untuk belajar ilmu baru, perbanyak membaca buku, dan ambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Gelar pendidikan yang tinggi juga berpengaruh terhadap kharisma Anda sebagai CEO, lho.